Mengubah Nama GRUB Loader


Setelah selesai menginstall Backtrack 5 dan Ubuntu 11.04 dilaptop saya (Multiboot) ada satu masalah kecil yang mengganjal, dimana Menu GNU GRUB Loader untuk Backtrack 5 dan Ubuntu 11.04 hampir-hampir mirip. Untuk ubuntu “Ubuntu, with Linux 2.6.38-8-generic”, dan untuk Backtrack “Ubuntu, with Linux 2.6.38-8-generic (on sda5)”. Hal ini terasa aneh buat saya, akhirnya tergerak hati ku untuk merubah GRUB Loader Backtrack sesuai spesiesnya. Hahahah🙂 hewan kali. Tapi kan Ubuntu dan Backtrack 5 ini satu spesies.

Untuk mengubah nama GRUB Loader, saya masuk ke Ubuntu kemudian, merubah permision directory “/boot/grub” dengan perintah:

chmod 777 -R /boot/grub

Setelah itu saya merubah “grub.cfg” pada direktori “/boot/grub/”. Dengan perintah:

nano /boot/grub/grub.cfg

Setelah itu saya ganti nama GRUB Loader untuk Backtrack yang semulanya “Ubuntu, with Linux 2.6.38-8-generic (on sd5)” menjadi “Backtrack 5, with Linux 2.6.38-8-generic”.

Setelah itu saya simpan dengan menekan tombol “CTRL+O”, trus keluar “CTRL+X” dan cepat-cepat merestart komputer saya, dan akhirnya nama GRUB Loadernya sudah tidak terasah aneh buat saya. Asik…. asik…..