Error “No input file specified” Pada Web Codeigniter


Baru-baru ini saya mengupload project website saya yang dibuat dengan CodeIgniter pada web hosting, tetapi ternyata terdapat error pada saat mengakses beberapa URL dengan pesan “No input file specified“. Padahal di server localhost baik-baik saja. Setelah beberapa jam melakukan pemeriksaan dan hampir putus asa.๐Ÿ™‚ akhirnya saya menemukan cara untuk mengatasinya, dan ternyata titik permasalahannya berada pada file .htaccess website saya. Loh ko bisa ya? padahal di server local fine-fine saja.๐Ÿ™‚

Berikut isi file .htaccess saya sebelum diperbaiki.

<IfModule mod_rewrite.c>
Options +FollowSymLinks
RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule ^(.*)$ index.php/$1 [L]
</IfModule>

Kemudian yang diubah adalah pada baris terakhir, dengan menambahkan tanda “?“. Berikut file .htaccess hasil perubahannya.

<IfModule mod_rewrite.c>
Options +FollowSymLinks
RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule ^(.*)$ index.php?/$1 [L]
</IfModule>