Install Android SDK (Software Development Kid)


Android SDK (Software Development Kit) mendukung platform Windows, Linux, dan Mac OS X, yang artinya kita bisa menginstal android SDK ini di berbagai macam platform. Instalasi JDK ini sama untuk setiap sistem operasi, dan sebagain besar berlaku sama.

Berikut langkah-langkah instalasinya:

Pertama. Install JDK. Android SDK membutuhkan JDK Versi 5 atau versi 6. Apabila anda telah menginstal JDK, lanjut ke langkah berikut. Jika JDK belum di install, anda bisa download pada situs http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html. Klik pada tombol “Download JDK ” setelah itu anda akan diarahkan ke halaman download JDK, yang selanjutnya anda tinggal menyetujui “Java SE 6 JDK License Agreement ” untuk mendownload JDK. Setelah selesai didownload, instal JDK dengan mengikut langkah-langkah instalasinya pada layar monitor anda.

Setelah proses intalasi JDK selesai, klik Start Button pada toolbar bagian bawah desktop anda, kemudian klik kanan pada Computer dan pilih Properties. Pada jendela yang tampil pilih Advance system settings, yang kemudian akan tampil jendela System Properties, pada jendela System Properties pilih tab Advance, kemudian klik tombol Environment Variables pada sudut kanan bawah jendela System properties.

1

Akan tampil jendela Environment Variables, selanjutnya pada jendela Environment Variables klik tombol New di bagian User variables.

2

Selanjutnya akan tampil jendela New User Variables, Ketikkan PATH pada bagian Variable name dan C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_25\bin; pada bagian Variable value. Kemudian klik Ok.

3

Restart komputer anda.

Kedua. Install Eclipse. Anroid SDK membutuhkan Eclipse versi 3.3 atau diatasnya. Jika belum terinstal Eclipse pada komputer anda, bisa didownload di situs www.eclipse.org. Pilih “Eclipse IDE for Java Developers “.

Setelah selesai didownload, eksrak file zip ini ke direktori kesukaan anda. Misalnya saya asumsikan anda mengekstrak ke direktori D:/eclipse. Eclipse sekarang telah terinstal, tapi tidak akan tampil pada start menu aplikasi. Tapi anda bisa membuat shortcut ke D:/eclipse/eclipse.exe dan tempatkan di desktop anda, star menu, atau terserah ditempat mana yang anda suka.

Selanjutnya jalankan Eclipse. Waktu pertama kali dijalankan maka Eclipse akan memintah anda untuk memilih direktori kerja anda. Pilih tombol Browser kemudian pilih direktori kerja anda. Misalnya diasumsikan direktori kerja anda berada pada drive D:\EclipseCode. Setelah itu klik tombol OK .

Ketiga. Check plug-ins yag dibutuhkan. Anda bisa melewati langkah ini jika eclipse yang anda miliki adalah versi terakhir. Jika versi yang anda gunakan dibawa versi yang direkomendasikan, pastikan anda sudah memiliki Java Development Tool (JDT) plug-ins dan Web Standar Tools (WST) plug-ins . Cek dengan cara, jalankan aplikasi eclipse anda kemudian pilih Windows > Preference. Pada jendela Preferences yang terbuka, lihat listnya jika terdapat ” Java dan “XML” atau “Web and XML ” berarti plug-ins sudah ada. Jika tidak cara yang termudah adalah reinstal eclipse yang anda gunakan. Kemudian kembali ke langkah sebelumnya. Instalasi “Eclipse IDE for Java Developers ” akan secara otomatis mendapatkan plug-in yang anda butuhkan.

Kempat. Instalasi Android SDK. Anda bisa mendownload Android SDK pada link berikut ini http://developer.android.com/sdk/index.html. Pilih “android-sdk_r09-windows.zip” atau versi diatasnya. Setelah selesai didownload, ekstrak file archive ke direktori dimana kamu ingin menginstall Android. Misalnya saya asumsikan anda mengekstraknya ke drive C:\. Setelah diekstrak maka pada drive C:\ akan terdapat folder dengan nama “android-sdk-windows“.

Edit setingan PATH sebelumnya dengan menambahkan PATH “C:\android-sdk-windows\tools;” tanpa tanda petik. Sehingga menjadi “C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_25\bin;C:\android-sdk-windows\tools;“. Kemudian klik tombol Ok.

4

Restart lagi komputer anda.

Kelima. Instal Android plug-in (ADT).

Download ADT plug-in pada URL berikut http://developer.android.com/sdk/eclipse-adt.html. Kemudian simpan ke direktori C:\android-sdk-windows\.

Setelah itu jalankan Eclipse, pada list menu pilih Help > Install New Software. Pada jendela Available Software yang tampil klik tombolAdd pada sudut kiri atas.

5

Selanjutnya pada jendela Add Repostory yang tampil, ketikkan ADT Plugin pada bagian Name, kemudian klik tombol Archive pada bagian Location, dan pilih ADT plug-in yang disimpan pada drive C:\android-sdk-windows\.

6

Klik tombol OK. Selanjutnya pada jendela Available Software yang tampil checklist pada Developer Tools. Kemudian klik tombol Next.

7

Selanjutnya pada jendela Install Detail yang tampil klik tombol Next.

8

Pilih I accept the terms of license agreements, kemudian klik tombol Finish.

9

Kemudian restart Eclipse. Apabil ADT plug-in berhasil di instal maka pada menu Window akan terdapat list menu Android SDK and AVD Manager.

Keenam. Konfigurasi Eclipse dan ADT.

Jalankan Eclipse apabila anda belum menjalankan. Kemudian pilih menu Window > Preference. Pilih Android pada jendela Preferences yang tampil. Selanjutnya pilih lokasi tempat Android SDK diinstal, yaitu pada drive C:\android-sdk-windows. Kemudian klik tombol OK.

11

Selanjutnya pada pilih menu Window > Android SDK and AVD Manager > Available Packages. Kemudian buat Android Virutal Device dengan mengklik tombol New sehingga akan tampil jendela Create New Android Virtual Device (AVD), ketikkan AVD1 pada bagian Name, pilih target, misalkan targetnya Android 2.3.1 – API Level 9. Selanjutnya pada bagian SD Card untuk Size ketikkan 512 dan pilih MiB pada select box. Kemudian klik tombol Creat AVD.

12

Pada jendela Android SDK and AVD Manager pilih AVD1 kemudian klik tombol Start.

13

Pada jendela Launch Options klik tombol Launch.

14

Akhirnya proses instalalsi selesai. Semoga bermanfaat. Berikutnya akan saya posting artikel untuk membuat aplikasi android. Tunggu yah…