Helper Functions


Helper sangat membantu anda dalam membangun sebuah aplikasi web, karena didalam helper ini terdapat kumpulan fungsi-fungsi sesuai dengan kategorinya. Misalnya URL Helpers, yang digunakan untuk membuat link, kemudian Form Helpers yang membantu anda untuk membuat element form, Text Helpers yang membantu anda untuk mengatur text, Cookie Helpers untuk mengatur dan membaca cookies, File Helpers untuk penanganan file, dan lain sebaginya.

Tidak seperti kebanyakan sistem yang ada dalam Codeigniter, Helpers tidak ditulis dalam sebuah format Object Oriented melainkan dalam bentuk fungsi-fungsi prosedural.

Codeigniter tidak meload file Helper secara default, jadi langkah pertama untuk menggunakan helper, anda harus meloadnya terlebih dahulu. Sekali diload, helper ini menjadi bersifat global didalam controller dan views anda.

File helpers ini disimpan didalam direktori system/helpers, atau didalam direktori application/helpers. Codeigniter pertama kali akan memeriksa direktori application/helpers. Jika direktori ini tidak ada atau helper yang dicari tidak berada pada direktori ini maka CI akan memeriksa didalam direktori global system/helpers.

Meload sebuah Helper.

Untuk meload sebuah helper menggunakan fungsi:

$this->load->helper(‘nama_helper‘);

Dimana nama_helper adalah nama sebuah helper, tanpa extensi .php atau bagian “helper”. Misalkan kita akan meload file URL Helper, nama filenya adalah url_helper.php, maka dilakukan dengan:

$this->load->helper(‘url’);

Meload lebih banyak helper (Multiple Helpers)

Jika anda menginginkan untuk meload lebih dari satu helper, maka anda memanggilnya dalam sebuah array, seperti ini:

$this->load->helper(array(‘helper1’, ‘helper2’, ‘helper3’));

Auto load helper.

Jika anda menginginkan untuk menjadikan sebuah helper berlaku global dalam aplikasi anda, maka file helper tersebut harus ditambahkan kedalam autoload array (autoload.php) yang berada pada direktori application/config/autoload.php.

Menggunakan sebuah helper.

Ketika anda meload sebuah file helper yang berisi fungsi-fungsi, anda sudah bisa menggunakan fungsi yang ada didalamnya, anda tinggal memanggilnya seperti fungsi standard PHP. Sebagai contoh, untuk membuat sebuah link menggunakan fungsi anchor() yang merupakan fungsi dari URL Helpers. Seperti terlihat pada skrip berikut ini:

<?php echo anchor(‘artikel/add’, ‘Tambah Artikel’); ?>

Dimana “Tambah Artikel” adalah nama sebuah link, dan “artikel/add” adalah URI sebuah controller atau fungsi yang akan ditujuh.