Mengenal dan Memulai Codeigniter


Bagi anda yang belum tahu atau belum mengenal codeigniter pasti anda bertanya-tanya, apa sebenarnya codeigniter?. Jawaban nya adalah Framework untuk web. Apa lagi framework ini? pertanyaan ini mungkin terlintas dalam pikiran anda. Lebih jelasnya Codeigniter itu adalah sebuah framework untuk web yang dibuat dengan PHP. Sedangkan framework itu adalah kumpulan modul-modul dalam bentuk class library yang dapat kita gunakan lagi untuk membuat aplikasi web  yang besar dengan memanfaatkan modul-modul ini. Contohnya, jika terdapat class paging, dimana class ini fungsinya untuk membuat paging, kemudian kita membuat sebuah aplikasi untuk menampilkan artikel yang memakai paging, maka kita tinggal menggunakan class paging ini, tanpa harus membuatnya dari awal. Bagi yang belum tahu apa itu paging! Paging itu dikenal dengan sebutan pagination (paginate), previous-next, tampilan per halaman, page navigator, halaman 1,2,3, .. dst, intinya paging itu untuk membatasi data yang akan ditampilkan dalam suatu halaman web.

Kembali ke pembahasan mengenai codeigniter. Codeigniter ini sekarang cukup populer dikalangan programmer web. Kita dapat memperolehnya secara gratis karena codeigniter ini open source (free), bukan itu saja, framework ini sangat ringan dijalankan, menggunakan MVC (Model View Controller), URL Friendly, Complete, Fungsinya bisa ditambah, dan satu lagi framework ini dokumentasinya (user guide) lengkap.

Lantas apa saja yang harus dipersiapkan? yang harus dipersiapkan adalah Text Editor (Notepad, Dreamweaver, dll), Server Localhost (WAMP/XAMPP), dan Framework Codeigniter itu sendiri. Versi terakhir dari codeigniter pada saat artikel ini ditulis adalah versi2.0. Untuk memperoleh codeigniter anda dapat mengunjungi situsnya di http://www.codeigniter.com/download.php.  Setelah anda selesai mendowload anda akan memiliki file codeigniter dengan nama CodeIgniter_2.0.0.zip. Ekstrak file Codeigniter ini kemudian letakkan pada server lokal anda (localhost). Apabila anda menginstal WAMP Server letakkan file hasil ekstrak ini pada direktori www (C:\wamp\www). Sedangkan apabila anda menginstal XAMPP, hasil ekstraksi nya letakkan pada direktori htdocs. Kemudian ganti nama folder codeigniter dengan ci.

Untuk melihat hasilnya, jalankan web browser kemudian pada bagian url ketikkan alawat http://localhost/ci. Jika benar, maka pada browser anda akan tampil halaman seperti pada gambar berikut ini.

Sekarang coba masuk ke direktori ci > application. Pada direktori application ini terdapat beberapa direktori diantaranya controllers, models, dan views. Ketiga folder ini adalah representasi dari Model View Controller (MVC) dimana antara logika pemrograman dengan tampilan web terpisah.

Folder Model berfungsi sebagai penghubung semua aplikasi web kita ke database. Folder Views adalah folder yang berisi file tampilan halaman web, yang tidak secara langsung dapat dibuka, untuk membukanya lewat file pada controllers. Folder Controllers adalah folder yang berisi file untuk logika pemrograman. Misalnya kita mengakses http://localhost/ci/artikel, artikel disini mengacu pada file artikel.php yang berada pada folder controllers, dimana pada file artikel.php ini berisi perintah yang menghubungkan controller ini dengan file pada folder views. Supaya lebih jelas, coba buka direktori ci > application > controller > welcome.php, coba anda perhatikan beberapa baris kodenya, didalamnya terdapat kode $this->load->view(‘welcome_message’);, kode inilah yang berfungsi untuk menampilkan file welcome_message.php yang berada pada folder views.

Untuk lebih memahami codeigniter ini, kita coba membuat latihan pertama kita.

1. Buka text editor (Notepad, Dreamweaver), kemudian ketikkan perintah berikut ini


<?php
 
class Latihan extends CI_Controller {
 
 function __construct()
 {
 parent::__construct();
 }
 
 function index()
 {
 $this->load->view('latihan_view');
 }
}
 
/* End of file latihan.php */
/* Location: ./application/controllers/latihan.php */
?>

kemudian simpan file ini dengan nama latihan.php pada folder application/controllers/

2. Buat file baru dengan nama latihan_view.php simpan pada folder application/views/. Ketikkan kodenya seperti berikut ini :

<!DOCTYPE html PUBLIC “-//W3C//DTD XHTML 1.0 Transitional//EN” “http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd”>
<html xmlns=”http://www.w3.org/1999/xhtml”>
<head>
<meta http-equiv=”Content-Type” content=”text/html; charset=utf-8″ />
<title>Latihan Pertma Saya</title>
</head>

<body>
Latihan pertama saya
</body>
</html>

kemudian Save.

3. Buka browser kemudian ketikkan http://localhost/ci/index.php/latihan. Jika berhasil maka pada browser anda akan tampil “Latihan pertama saya“.

Penjelasan Kode :

$this->load->view(‘latihan_view.php’); : Kode ini untuk menampilkan file latihan_view.php yang berada pada file latihan.php.

One thought on “Mengenal dan Memulai Codeigniter

  1. Pingback: Code Igniter Framework (Download, Install, Setting) di LAMP Ubuntu 10.10 « kevinfrankly

Comments are closed.