Install XAMPP Di Ubuntu 10.10 (Offline Installer)


Bagi kita yang ingin memulai belajar pemrograman PHP, aplikasi yang sering digunakan dan yang kita butuhkan adalah PHP, Apache, maupun MySQL. Menginstal ketiga aplikasi ini satu persatu tentulah bisa, tapi bagi kita yang baru memulainya mungkin akan terasa sulit mengintegrasikan ketiga aplikasi ini. Tidak usah khawatir karena kita dapat menggunakan program instan yang sudah mengintegrasikan ketiga aplikasi ini (PHP, Apache, dan MySQL). Salah satunya adalah XAMPP, kita bisa mendownload XAMPP pada alamat http://www.apachefriends.org, pilih untuk aplikasi yang berjalan pada sistem operasi Linux atau biasa disebut dengan LAMP.  Untuk instalasinya adalah sebagai berikut:

1. Download XAMPP versi terbaru pada alamat http://www.apachefriends.org. Versi terbaru pada saat artikel ini dibuat adalah versi 1.7.4. Setelah selesai didownload, letakkan pada desktop, kemudian buka terminal (Ctrl+Alt+T) dan masuk sebagai root dengan mengetikkan perintah

su

kemudian masukkan password.

jika belum / lupa sandi, ketikkan perintah

sudo passwd

kemudian masukkan password yang anda inginkan.

setelah itu anda sudah bisa masuk sebagai root dengan mengetikkan perintah

su

kemudian masukkan password anda

2. Masukkan ke Desktop dengan mengetikkan perintah

cd Desktop

3. Ekstrak file XAMPP ke direktori /opt dengan mengetikkan perintah

tar xvfz xampp-linux-1.7.4.tar.gz -C /opt

4. untuk menjalankan XAMPP ketikkan perintah

/opt/lampp/lampp start

5. Buka browser kemudian ketikkan alamat berikut http://localhost. Jika berhasil akan muncil halaman seperti gambar berikut

6. Ubah permission folder htdocs dengan mengetikkan perintah

chmod 777 /opt/lampp/htdocs

Sampai disini kita sudah bisa memulai pemrograman dengan PHP, untuk mengetesnya kita bisa membuat skrip php sederhana seperti berikut ini :


<?php

echo "Selamat Belajar PHP";

?>

Kemudian simpan di folder /opt/lampp/htdocs dengan nama test.php.

Buka browser kemudian ketikkan alamat berikut http://localhost/test.php. maka pada browser anda akan tampil “Selamat Belajar PHP”