Pengenalan Java


Hampir sebagian besar bahasa pemrograman, code programnya harus di kompilasi (compile) atau di terjemahkan (interpret) sehingga bisa di jalankan. Software yang digunakan untuk melakukan compile di sebut dengan Compiler sedangkan untuk melakukan penerjemahan atau interpret di sebut dengan interpreter. Perbedaan keduanya terletak pada proses pengeksekusian  kodenya, dimana untuk compiler menerjemahkan kode program secara keseluruhan, sebaliknya interpreter menerjemahkan kode program per baris. Kedua proses ini diterapkan oleh Java, yang artinya Java berperan sebagai compiler dan interpreter. Lebih jelasnya seperti ini, Pertama kode program yang di tulis dengan bahasa Java (ekstensi .java) akan di compile terlebih dahulu menjadi suatu kode objek berupa bytecode (berekstensi .class). Kedua, hasil dari compile ini yang berupa bytecode akan di interpreter atau diterjemahkan baris demi baris.

Byetcode berisi kumpulan instruksi atau perintah dalam bahasa mesin untuk sebuah JVM (Java Virtual Machine), sehingga program yang dibuat dengan Java harus dijalankan pada komputer yang memiliki JVM, artinya bytecode ini dapat dijalankan di semua platform yang memiliki JVM.

Java mendukung model pemrograman berorientasi objek (Object-Oriented Model), pada model pemrograman ini konsepnya, komponen-komponen penyusun program akan di pisahkan menjadi bagian-bagian tersendiri yang disebut dengan objek, setiap objek akan memiliki data (berupa variabel maupun konstanta) serta method (berupa fungsi). Objek ini diabstraksikan menjadi sebuah kelas, wujud nyata dari sebuah kelas disebut dengan instance. Contohnya, jika terdapat kelas Manusia, maka instance-nya adalah : Serizawa, Genji, Takano, dan yang lainnya.

Untuk membuat program Java, kita harus menginstall JDK (Java Development Kid) dan IDE (Integrated Development Environment). Java membagi versi programnya ke dalam tiga kelompok bersar, yakni, Java 2 Standar Edition (J2SE) untuk konsentrasi pada pc, Java 2 Enterprise Edition (J2EE) untuk konsentrasi pada aplikasi server besar, dan Java 2 Micro Edition (J2ME) untuk konsentrasi pada mobile. Untuk mendapatkan jdk java terakhir, anda dapat mendownload pada situsnya (http://java.sun.com). Proses instalasinya sangat mudah, anda tinggal menjalankan file installer-nya dan ikuti dialog instalasinya sampai selesai, setelah jdk terinstall kemudian setting CLASSPATH.

Untuk IDE (Integrated Development Environment) dapat menggunakan Notepad, JCreator, Eclipse, ataupun Netbeans. Masing-masing IDE ini dapat di download pada situsnya, untuk JCreator dapat di download di http://www.jcreator.com, untuk Eclipse silahkan download di http://www.eclipse.org, sedangkan Netbeans dapat di download pada situs http://www.netbeans.org. Proses instalasi semua IDE ini sangatlah mudah, anda tinggal menjalankan file installer-nya dan mengikuti dialog instalasinya sampai selesai.